Program PERSEMBAHAN UNTUK IBU BUMI (PRIBUMI)

Program ini dibuat khusus untuk mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh menipisnya Hutan, dan berkurangnya cadangan air tanah, sehingga menyebabkan banyak warga yang kesulitan mendapatkan air minum saat musim kemarau.Melalui program ini kita turut andil dalam memerangi pemanasan global dan memperbaharui “paru-paru dunia” untuk menjadi lebih baik sehingga tetap bisa menjadi tempat hidup yang layak bagi semua makhluk hidup di atas planet bumi.

Dalam program ini, kami pada awal tahun membagikan polybag dan bibit tanaman baik jenis buah2an, stek beringin dll kepada keluarga tidak mampu untuk dirawat dan dipelihara.

Lalu pada akhir tahun, kami kembali untuk mengambil anakan yang telah dirawat untuk ditanam pada Daerah Aliran Sungai, Mata Air, Hutan Gundul dan Daerah resapan Air. Kami menanam dengan melibatkan anak sekolah, instansi pemeritah, TNI. Dalam program ini, sasaran untuk pemberdayaan keluarga tidak mampu, Pendidikan konservasi, semua dapat berjalan sekaligus. Khusus untuk kota Ruteng yang 5 mata airnya telah mengering, kami berencana untuk menanam 50 ribu anakan di hutan golo lusang secara bertahap selama 5 tahun berturut- turut. Kami menanam 1000 anakan pada tahun 2018, dan berencana akan menanam 10.000 anakan mulai Tahun 2019 sampai tahun 2024.

Kami juga telah menanami pohon-pohon pada DAS Wae Mese Labuan Bajo di Mabar tempat di mana aliran sungai ini mensuplay 65 % kebutuhan air minum Labuan Bajo dan telah menunjang industri pariwisata di Flores Barat. Kami akan terus menanam hutan hutan gundul, DAS dan mata air dalam jangkauan kerja kami.

Translate ยป