KITABISA bersama LSM ILMU untuk Flores

 

Dalam masa pandemi ini sebagian dari saudara-saudari kita banyak yang kehilangan pekerjaan mereka dan kebutuhan akan sembako tetap ada. Sebagai bentuk kepedulian LSM ILMU terhadap kondisi yang di alami saudara-saudari kita, dalam dua bulan ini, dengan sebagian besar sponsor dari kitabisa.com kami mendistribusikan 3000kg beras ke daerah2 terpencil. Menjangkau 300 keluarga, mulai dari yang tinggal di puncak gunung, sampai ke pulau-pulau terpencil.

Kegiatan dan distribusi ini memakan waktu selama hampir dua bulan, karena lokasi yang berjauhan dan infrastruktur yang masih buruk. Serta situasi pademi yang membatasi aksesibilitas dan ketersediaan transportasi.

Dimulai di kampung Nangalanang, desa lidi kecamatan Ranamese Kabupaten Manggarai Timur, Flores NTT. Ada 30 keluarga yang mendapat bantuan sembako disana. Tiap KK mendapatkan 10 kg beras, 1 kg gula, 1 liter minyak goreng dan telur.

Dalam bantuan ini kami utamakan para lansia, janda, penyandang disabilitas.

Untuk pembagian sembako diserahkan secara langsung, tampak semangat yang luar biasa juga dari para penyandang disabilitas yang bersikeras ingin membantu mendistribusikan sembako.

Selama proses pembagian sembako, para perwakilan masing-masing kepala keluarga di data. Hal ini untuk mendukung statistik serta membantu proses pendistribusian sembako dilakukan secara merata.

Setelah pembagian sembako di Nangalanang pada tanggal 13 Juni; kami ke kampung kedua yaitu kampung Bengkang di desa Compang Ndehes, kecamatan Wae Rii tanggal 14 Juni disini ada 30 keluarga yang mendapat paket bantuan bahan makanan ini.

Pada tanggal 18 juni kami menuju ke sebuah kampung tua diatas gunung. Desa Golo nobo. Terletak di kecamatan mbeliling kabupaten Manggarai Barat.

Aksesibilitas ke desa ini pun sulit karena tidak adanya infrastruktur dan jalan menuju ke sana. Pengunaan kendaraan sangatlah mustahil di area yang tandus. Hutan dan kali harus kami lalui untuk mencapai tujuan.

 

Demi menerjang medan yang sulit ini kami harus gunakan kerbau atau dipikul oleh manusia menggunakan keranjang anyaman rotan . Kami berjalan mendaki sepanjang hampir 7km untuk bisa mencapai tujuan. Tidak terbayangkan apa yang harus dilalui oleh saudara-saudari kita ini demi mendapatkan akses air bersih, akses kesehatan, pendidikan dan makanan.

 

Pembagian sembako di Desa Golo Nobo:

Dan pada tanggal 19 Juni kami menuju ke pulau komodo. Kami berlayar selama 4 jam dengan kapal motor kecil, kami membawa 500kg beras untuk 50 keluarga di Pulau Komodo.

Selama masa pandemi, pendapatan para warga pulau komodo dari parawisata menurun drastis, upaya dan kerja lainnya harus dilakoni para warga setempat demi kelangsungan hidup, ada beberapa yang kembali menjadi nelayan, namun banyak warga setempat juga yang tidak memiliki perlengkapan, pengalaman dan kapal untuk bekerja sebagai nelayan.

Kami berterima kasih atas kebaikan dan kemurahan hati  saudara-saudari atas kepeduliannya dan bantuan donasinya. Kami berterima kasih juga kepada kitabisa.com yang telah membantu LSM ILMU dalam menggalang dana bantuan dan mewujudkan aksi bantuan sembako bagi saudara-saudari kita yang kurang mampu di Flores, Nusa Tenggara Timur.

                                    !!!Terima Kasih, Bersama Kita Bisa !!!

 

Share Artikel ini ...
Posted in News   

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *